Senin, 25 Juni 2012

Rawat Mata Anda !


Mata adalah karunia Tuhan yang harus selalu kita syukuri. Dengan mata kita sangat banyak terbantu dalam melakukan segala hal pada setiap aktivitas sehari-hari. Memiliki mata yang sehat menjadi penting adanya mengingat sangat intensnya kegunaan mata. Mata yang sehat sebenarnya dapat kita peroleh dengan sedikit kesadaran untuk melakukan kegiatan sebagai berikut :

  1. Pemberian suplai vitamin yang cukup bagi mata terutama vitamin A. Kita dapat mengkonsumsi wortel untuk memperoleh vitamin tersebut mata kita. Jus wortel dapat menjadi alternatif yang menyegarkan untuk dikonsumsi.
  2. Mengurangi kegiatan membaca dalam kondisi pencahayaan yang kurang baik (redup), meskipun tidak secara langsung dapat merusak mata, namun kegiatan membaca dalam kondisi pencahayaan yang buruk dapat memyebabkan kinerja mata kita lebih berat karena kurangnya cahaya yang masuk. Hal tersebut menjadi beban ekstra bagi mata.
  3. Batasi penggunaan lensa kontak, penggunaan lensa kontak pada mata harus benar-benar kita batasi. Karena penggunaan lensa kontak pada mata secara berlebihan dapat menyebabkan kerusakan pada mata. Batas maksimal penggunaan lensa kontak adalah 20 jam.
  4. Kurangi penggunaan obat tetes mata secara tidak wajar, penggunaan obat tetes mata yang berlebihan dan tidak wajar sangat tidak dianjurkan. Dampak dari pemakaian obat tetes mata secara berlebih memang tidak akan tampak pada jangka waktu yang singkat. Namun, akan terlihat dalam jangka waktu yang panjang.
  5. Hindari melihat cahaya yang terlalu silau secara langsung, melihat cahaya yang terlalu silau secara langsung berdampak buruk pada mata karena cahaya yang diterima oleh mata terlalu banyak dan berlebih.
  6. Selalu menjaga kesehatan tubuh, kesehatan tubuh sangat penting adanya karena akan berimbas pada mata. Timbulnya masalah seperti penyakit yang menaungi tubuh mungkin saja akan berakibat pada mata, bahkan dalam beberapa kasus hal ini dapat menyebabkan kebutaan.
  7. Istirahatkan mata Anda disela-sela kesibukan Anda, mengistirahatakan mata sangat penting karena dapat memberi kesempatan pada mata untuk merefresh dirinya agar kembali menjadi segar. Ada orang berpendapat bahwa dengan melihat dedaunan atau memejamkan mata Anda sejenak akan membantu Anda memulihkan kondisi mata Anda dalam keadaan yang lebih fit.
Terus rawat mata kita agar selalu sehat dan segar. Semoga beberapa tips di atas dapat memberikan sedikit inspirasi bagi Anda untuk dapat lebih peduli dengan kesehatan mata Anda. Sukses dan sehat selalu !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...