Jumat, 29 Juni 2012

7 Kebiasaan Buruk Tentang Makan Yang Harus Ditinggalkan !

Banyak sekali kebiasaan buruk yang kadang secara tidak sadar sering kita lakukan, salah satunya pada saat kita makan. Berikut ini adalah 7 kebiasaan buruk pada saat makan yang sebaiknya kita tinggalkan :

1.  Makan Terlalu Cepat
Makan terlalu cepat akan melewatkan sinyal kenyang yang dikirim oleh perut kepada otak. Akibatnya Anda akan makan secara berlebih, makan terlalu cepat juga dapat menyebabkan gangguan pencernaan.

Cara menghilangkan kebiasaan ini adalah dengan mencoba untuk makan secara perlahan-lahan melalui kunyahan yang merata sebelum mulai memakan suapan berikutnya. Fokus pada apa yang sedang dimakan dan nikmatilah. Jika ingin mengambil piring kedua atau menambah porsi makan Anda, istirahatlah selama 10 menit kemudian pikirkan terlebih dahulu apakah Anda benar-benar yakin ingin menambah atau Anda telah kenyang dan memilih untuk mengakhiri proses makan Anda.

2.  Menghabiskan Makanan Anak-Anak
Menghabiskan makanan milik anak-anak yang tidak habis mungkin saja Anda anggap tidak akan berpengaruh besar terhadap diri Anda. Salah ! menghabiskan sisa makanan milik anak-anak walaupun hanya berupa makanan ringan maupun sereal tetap akan menambah kalori Anda.

Cara menghindarinya adalah dengan meluangkan waktu untuk bersama sama menikmati hari bersama anak-anak dengan makanan-makanan ringan yang sehat seperti yogurt atau buah-buahan. Maka saat anak-anak tidak habis, Anda akan menghabiskan makanan yang sehat pula.

3.  Terjebak Dalam Kebiasaan Makanan
Banyak dari kita sering tergesa-gesa waktu berangkat ke kantor, kemudian dengan asal akan mengambil makanan di atas meja untuk dimakan saat ada di jalan. Atau saat bepergian kemudian kita menemukan makanan yang sangat lezat sehingga kita makan dengan sebanyak-banyaknya dan tidak terkontrol.

Cara menghilangkannya adalah dengan meluangkan waktu untuk mencoba memasak masakan Anda sendiri. Cari variasi makanan yang sehat untuk Anda bereksperimen dalam mencoba resep baru. Anda dapat searching di internet untuk mencari varian resep yang sesuai dengan kehendak Anda namun dengan tetap memperhatikan kandungan kesehataan makanannya.

4.  Mengunyah Tanpa Berpikir
Makanan ringan sabagai teman saat menonton televisi seperti kacang, keripik, maupun biskuit coklat sering kali menjadi kebiasaan untuk dikonsumsi walaupun dalam keadaan tidak lapar. Anda hanya merasakan asik dan tidak tersadar dengan apa yang Anda makan, karena Anda lebih fokus dengan apa yang Anda tonton.

Bagaimana untuk menghilangkan kebiasaannya ? Cobalah untuk berfikir terlebih dahulu sebelum mulai "ngemil". Buatlah aturan dan jadwal makan Anda secara teratur dan sadarkan diri Anda bahwa Anda tidak akan makan selain saat sedang ada di meja makan. Ini sangat membantu Anda untuk lebih fokus terhadap apa yang Anda makan.

5.  Makan Di Jalan
Makan sambil berjalan membuat Anda sulit untuk memilih makanan yang sehat. Hal ini menjadikan Anda kesulitan untuk mengukur seberapa banyak Anda sudah makan. Karena hal ini tak kan membuat Anda kenyang, malah cenderung semakin membuat anda ingin makan berlebih.

Bagaimana menghilangkannya? buatlah jadwal makan Anda untuk 3 kali makan besar dan 2 kali makan camilan. Makanlah camilan sehat diantara waktu makan besar secara teratur. Sediakan camilan sehat seperti buah kering agar Anda tidak tergoda untuk makan cokelat maupun keripik.

6.  Melewatkan Sarapan Pagi
Kesulitan untuk bangun pagi menjadikan Anda melewatkan waktu sarapan Anda dan memilih untuk menambah porsi tidur Anda. Hal ini menjadikan Anda juga melewatkan waktu terbaik bagi Anda untuk mengisi energi awal dengan makanan yang penuh nutrisi. Sarapan pagi memiliki manfaat yang baik pula bagi Anda dalam meningkatkan kinerja, konsentrasi, maupun daya ingat dalam menjalani aktivitas seharian penuh.

Cara menyikapi kebiasaan buruk melewatkan sarapan pagi adalah dengan mencoba untuk bangun lebih awal. Segelas susu yang bercampur dengan sereal sudah cukup untuk mengisi nutrisi Anda di pagi hari. Yogurt dan buah juga dapat menjadi alternatif lain dalam pemilihan menu sarapan pagi.

7.  Mengorek Sisa Makanan
Mengorek sisa makanan pada lemari es dapat menjadi kebiasaan buruk yang Anda lakukan. Melakukan kegiatan ini sama dengan menambah kalori Anda dengan pasti.

Cara menghilangkannya adalah dengan menggosok gigi atau berkumur dengan obat kumur. Rasa mint pada pasta gigi maupun obat kumur dapat menjadi alarm bagi Anda bahwa Anda telah selesai makan. Masaklah dengan cukup tanpa berlebihan. Cobalah untuk memasak dengan porsi yang wajar untuk dapat dihabiskan dalam satu kali makan karena saat masak dalam porsi besar maka akan terjadi sisa makanan yang sayang untuk dibuang. Maka dari itu memasaklah secara bijak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...