Selasa, 26 Juni 2012

Kulit Lebih Putih Dengan Masker Tradisional


Menjadikan kulit nampak lebih putih adalah impian banyak orang Indonesia. Berbagai macam cara dapat kita jumpai dalam rangka upaya kita untuk menjadikan kulit terlihat lebih putih dan cerah. Model perawatan kulit dari yang paling baru dan mutahir banyak mencuat dipermukaan akhir-akhir ini. Namun ada hal yang sedikit terlupakan, bahwa Indonesia memiliki kekayaan alam yang dapat kita manfaatkan sebagai sarana untuk memutihkan kulit kita. Cara-cara lama ini lebih alami dan memiliki tingkat keamanan yang baik serta biaya yang tergolong ekonomis. Namun, sisi lainnya adalah hasil yang tidak terlihat dalam waktu yang instan. Masker tradisional salah satunya. Kita dapat membuat masker tradisional dengan bahan yang relatif terjangkau serta waktu yang singkat pula dalam pembuataanya. Berikut ini beberapa contoh masker tradisional dengan khasiatnya yang dahsyat :


Masker Bengkoang

Sudah tidak asing lagi bahwa bengkoang adalah bahan yang sering digunakan dalam upaya memutihkan kulit.  Buah ini memiliki kandungan vitamin E yang tinggi. Cara penggunaannya dapat dengan memarut bengkoang kemudian menjadikan parutan tersebut sebagai masker selama 10 hingga 15 menit, kemudian bilas dengan air sampai bersih. Bengkoang juga dapat dimakan langsung untuk khasiat yang sama.

Masker Kentang
Kentang adalah jenis umbi-umbian yang memiliki kandungan potasium, zat besi, karbohidrat, vitamin B, vitamin C, serta vitamin A yang dibutuhkan kulit sebagai antioksidan penangkal radikal bebas untuk memperlambat penuaan dini. Cara penggunaan masker kentang sama dengan masker bengkoang, yakni kentang diparut kemudian digunakan sebagai masker.


Masker Jeruk Nipis
Jeruk nipis memiliki khasiat yang baik sebagai sarana dalam memutihkan kulit. Caranya adalah memotong jeruk nipis, kemudian oleskan pada seluruh bagian wajah hingga merata. Lakukan ini setiap hari selama 2 minggu dan rasakan hasil yang didapatkan.


Masker Beras (Endapan Air Beras)
Endapan air beras memiliki kegunaan untuk memutihkan kulit, menghilangkan bercak noda bekas jerawat, bahkan dapat pula mengencangkan kulit. Simpan air cucian beras dalam sebuah wadah, kemudian endapkan selama setengah hari. Setelah endapan beras terlihat terpisah dengan air, buanglah air secara perlahan-lahan tanpa membuat endapan kembali bercampur dengan air. Kini gunakan endapan tersebut sebagai masker dan tunggu sampai masker menjadi kering. Bilas dengan air sampai wajah benar-benar bersih.

Masker Tomat
Tomat berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati sehingga wajah dapat terlihat lebih bersinar dan cerah. Caranya potong buah tomat kemudian usapkan air tomat dalam potongan tersebut secara merata pada seluruh bagian wajah Anda. Biarkan hingga kering. Mungkin saja Anda merasa sedikit perih pada awalnya, namun jangan kuatir karena hal ini menandakan bahwa sari buah tomat sedang bekerja.

Masker Pepaya
Pepaya memiliki kandungan estrogen, vitamin A, vitamin C yang mampu mengangkat sel kulit mati serta meremajakan kulit dan mencegah kerutan. Pepaya juga mampu mengatasi jerawat dengan cara mengempeskannya. Ambil buah pepaya yang telah dikelupas dan campurkan dengan air mawar, kemudian gunakan sebagai masker selama 10 sampai dengan 15 menit. Bilas menggunakan air hangat dan rasakan kesegarannya.

Masker Pisang & Madu
Pisang, buah yang populer ini ternyata tidak hanya dapat kita makan. Namun, pisang dapat kita gunakan pula sebagai masker wajah karena pisang mengandung vitamin C yang sangat baik bagi kulit. Vitamin C dapat meremajakan sel-sel kulit dan membentuk sel-sel kulit baru. Pisang juga memiliki kandungan mineral magnesium yang berfungsi untuk mencerahkan kulit sehingga kulit terlihat tidak pucat kusam namun menjadi lebih bercahaya dan bersinar. Sementara dalam madu terdapat antioksidan yang melindungi kulit dari sinar ultraviolet dan mampu mencegah penuaan dini. Selain itu madu juga dapat menjaga elastisitas, kelembutan serta kelembaban kulit. membuat masker ini terbilang cukup mudah, Anda hanya perlu menghancurkan pisang ambon yang sudah matang. Kemudian tembahkan 1 sendok makan madu, lalu aduk hingga rata. Setelah itu oleskan masker tersebut pada wajah hingga merata dan biarkan selama 15 sampai 20 menit. Selanjutnya bilas dengan air hangat disusul air dingin setelahnya. Lakukan kegiatan ini dengan rutin untuk merasakan perbedaannya.

Masker Wortel
Wanra pada wortel mengandung beta karoten yang sangat baik untuk kulit berjerawat. Pilih wortel yang warnanya agak tua sebagai bahan dari masker ini. Parut atau blender buah wortel tersebut kemudian oleskan  pada wajah hingga merata lalu tunggu hingga 10 samapi 15 menit. Setelah itu bilas dengan air bersih.

Masker Alpukat
Apukat kaya dengan kombinasi asam amino, vitamin, serta protein yang umumnya tidak terdapat pada buah lain. Alpukat juga mengandung humektan, substansi yang mampu menahan kelembaban kulit (minyak alami). Buah ini sangat cocok untuk mencegah penuaan dini. Membuat masker dari alpukat kita juga perlu melihat kondisi kulit kita. Misalnya ;
Kulit Kering, haluskan daging alpukat yang telah matang, kemudian oleskan pada wajah. Tunggu hingga 30 menit.
Kulit Normal, tambahkan putih telur yang dikocok sebentar.
Kulit Lembab, tambahkan madu kemudian aduk sebentar lalu gunakan sebagai masker.

Masker Mentimun
Mentimun berkhasiat untuk memutihkan dan mengencangkan jaringan tubuh terutama pada kulit berminyak karena kandungan astrigen yang banyak terdapat dalam buah ini. Selain itu, mentimun juga mampu mendinginkan serta menambah kandungan air pada kulit. Cara pemanfaatan masker mentimun ialah dengan cara memarut mentimun kemudian gunakan hasil parutan sebagai masker. Diamkan dalam waktu 10 menit, lalu bilas dengan air yang mengalir (mengucur) hingga bersih. Untuk pemutih, dapat menambahkan parutan dengan 2 sendok makan susu segar dan bubuhkan pada wajah serta bagian sekitar leher. Setelah 10-15 menit, bilas dengan air bersih.

Masker Belimbing
Belimbing menyimpan vitamin C dan vitamin A yang tinggi di dalam kandungan buahnya. Hal ini membuat belimbing sangat efektif membantu mengecilkan pori-pori kulit dan menyegarkan wajah. Sedangkan kandungan mineralnya, mampu mengurangi kelelahan pada kulit sehingga nampak lebih segar. Iris buah belimbing menjadi potongan-potongan yang tidak terlalu tipis, lalu tempelkan pada wajah Anda. Tunggu dalam proses tersebut hingga dirasa cukup untuk kemudian dibilas dengan air hingga bersih.


Alternatif masker alami secara tradisional yang telah dipaparkan di atas dapat Anda coba di rumah dan semoga dapat berguna bagi Anda. Selamat mencoba !

1 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...