Selasa, 31 Juli 2012

Tips Agar Tetap Bugar Saat Berpuasa


Ramadhan adalah bulan suci di mana kita harus mengontrol segala bentuk hawa nafsu, begitu pula nafsu untuk makan dan minum. Selama 14 jam tubuh kita harus beradaptasi dalam kondisi tanpa makan dan minum. Namun, disisi lain kita tetap harus melanjutkan aktivitas kita sehari-hari tanpa terganggu dengan alasan berpuasa. Nah, inilah beberapa tips yang dapat dilakukan saat berpuasa untuk menjaga tubuh tetap dalam kondisi bugar dan dapat melakukan aktivitas seperti biasanya :

Minum Air Putih
Kita tahu bahwa sekitar 80% dari tubuh kita terdiri dari cairan, jadi mengkonsumsi air putih saat sahur merupakan faktor penting agar tubuh tetap fit. Minumlah air putih dan sebaiknya hindarkan minum-minuman kurang sehat seperti minuman bersoda.

Istirahat Secukupnya
Selain itu pola tidur juga harus diperhatikan, kurang tidur dapat menyebabkan badan menjadi lelah dan ngantuk. Ngantuk di bulan puasa bukan di sebabkan karena Anda tidak makan dan minum,  melainkan karena waktu istirahat untuk tubuh belum terpenuhi dengan baik. Hindari bergadang agar tubuh Anda tetap bugar selama puasa.

Mengkonsumsi makanan Berserat
Serat banyak sekali terkandung dalam buah-buahan dan sayuran, karena itu ada baiknya menyertakan buah-buahan dan sayuran saat sahur. Selain menyehatkan, buah-buahan dan sayuran dapat menahan lapar lebih lama karena tubuh membutuhkan waktu lebih lama untuk mencerna makanan berserat.

Kurangi Minuman Kafein
Ada baiknya selama bulan Ramadhan Anda harus membiasakan diri terhindar dari kopi, karena selama berpuasa akan terasa pusing akibat sudah kecanduan minum kopi.

Kurangi Konsumsi Makanan Gorengan
Lebih baik jangan menyertakan makanan gorengan pada menu sahur karena sel darah kita akan mengumpal dan berkurangnya aliran oksigen pada tubuh kita sehingga membuat kita terasa ngantuk pada siang hari.

Hindari beraktivitas di bawah terik matahari
Hindari tubuh beraktivitas di bawah terik matahari, sebab hanya akan membuat tubuh cepat terasa lelah karena kurangnya cairan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...